Di Era Digital, Media Online Terus Berkembang

BISNIS PURWAKARTA – Sunggah tak disangka, saat Indonesia menduduki posisi keenam pengguna internet terbanyak di dunia. Dari sebuah data menunjukkan bahwa di Indonesia, pengguna internet sudah mencapai angka 143 juta lebih pengguna.

Saat menjadi pembicara diskusi “Tantangan Media Online Di Era Digital”, di Gedung Landmark, Jln. Braga Bandung, Owner/Pemimpin Perusahaan jabarnews.com sekaligus Sekjen Asosiasi Mediad Siber Indonesia (AMSI) Jawa Barat, Riana Afriadi, mengungkapkan, seiring dengan berkembangan era digital, minat pembaca untuk mencari informasi pun semakin meningkat.

“Berbicara soal media online ini lebih banyak ikhwalnya. Hadirnya media online saat ini arusnya semakin cepat,” tutur Riana dalam diskusi yang digelar di arena Pesta Buku Bandung, Senin (5/3/2018).

Menurut pria yang akrab disapa Kang Rian ini, pergeseran kebiasaan pembaca dalam mencari informasi saat ini mulai beralih, dari yang mencari informasi secara konvensional kini ke online.

“Saat ini pengguna smartphone sangat membludak, satu orang rata-rata mempunyai satu smartphone dan dengan begitu masyarakat lebih cepat dalam mencari informasi lewat penggunaan Internet,” tutur Kang Rian.

Ia pun menuturkan, sejalan dengan maraknya pengguna smartphone saat ini, belum dibarengi oleh media online yang terverifikasi.

“Dari 43.000 media online yang tersebar di Indonesia, hanya 168 media online yang terverifikasi Dewan Pers,” terangnya.

Kendati seperti itu, dirinya percaya bahwa media online akan semakin berkembang di tengah perkembangan era digital ini.

Kang Rian mengatakan, kepada seluruh media online untuk segera melengkapi aspek-aspek yang harus dilengkapi dalam verifikasi dari Dewan Pers. (Jn/Ted)

Bagikan: