KESAN, Aplikasi Penopang Ibadah Masyarakat Islami

BISNIS PURWAKARTA – Kebutuhanakan aplikasi Islami yang dapat menopang ibadah santri dan warga Nahdliyin dalam satu wadah semakin diperlukan. Salah satu aplikasi yang mencoba hadir untuk menjawab kebutuhan itu adalah aplikasi Kedaulatan Santri (KESAN).

 

Berbeda dengan aplikasi lainnya, KESAN memiliki fitur-fitur unik seperti Kitab Kuning, kumpulan shalawat, maulid, ratib, burdah, hingga hadis harian dalam satu aplikasi.

 

Hamdan Hamedan selaku CEO KESAN mengatakan “Selain ada Alquran, Jadwal Salat, dan Arah Kiblat, KESAN menawarkan sesuatu yang khas di kalangan santri dan Nahdliyin yaitu kumpulan Kitab Kuning dan shalawat,” ujarnya​. Jum’at 20/9/2019

 

Hamdan menambahkan, aplikasi KESAN juga senantiasa mengingatkan penggunanya untuk melaksanakan ibadah wajib maupun sunnah seperti salat Duha, Tahajud, tadarus, baca Yasin, shalawat, dan lain-lain. Selain itu, KESAN juga tidak memiliki iklan guna menjaga kekhusyukan para pengguna.

 

“Sering kali para pengguna aplikasi Islami mengeluhkan adanya iklan pada saat membaca Alquran dan melakukan ibadah lain. Oleh karenanya, KESAN sengaja dibuat tanpa iklan agar segenap pengguna tetap khusyuk dalam beribadah,” jelasnya.

 

KESAN pun menuai banyak pujian dari tokoh Nahdliyin, salah satunya Pengasuh Pondok Pesantren Sunan Pandanaran–Yogyakarta KH Mu’tashim Billah, yang mengapreasiasi hadirnya KESAN.

 

“KESAN bagus buat santri dan umat Islam. Saya doakan agar KESAN dapat terus melayani santri dan umat Islam secara menyeluruh,” ujar KH Mu’tashim.

 

Meski demikian, Hamdan mengaku pihaknya masih terus melakukan perbaikan dan penambahan konten guna menunjang kebutuhan ibadah santri dan Nahdliyin.

 

“Kami terus melakukan perbaikan dan penambahan konten ASWAJA. Contohnya, akhir bulan ini insya Allah kami akan menambah tahlil, maulid Dhiyaul Lami, istighosah, dan dalail,” ungkap Hamdan. (Red/Rilis)

Bagikan: