Pemkab Purwakarta Motivasi Orangtua Bacakan Buku untuk Anak

BISNIS PURWAKARTA – Pemerintah Kabupaten Purwakarta menggelar acara Literasi untuk Anak Negeri dan Pencanangan Gerakan Nasional OrangtuaMembacakan Buku (Gernas Baku) Tahun 2018 di Bale Paseban Pendopo Purwakarta, Minggu (6/5/2018).

Penjabat Bupati Purwakarta, M. Taufiq Budi Santoso, mengatakan bahwa orangtuasetidaknya harus mampu meluangkan waktu minimal 15 menit dalam sehari untukmembacakan sebuah buku yang cocok dengan bacaan seusia anak mereka.

Orangtua adalah faktor utama dikeluarga. Karenanya, tantangan kita sangat besar di era globalisasi dan digitalisasi ini, media sosial melalui gadget sudah tak bisa dipisahkan dengan anak-anak kita, makanya harus ada penangkalnya,” ucap Taufiq.

Taufiq menuturkan, setelah membacakan buku, orangtua dapat menjelaskan maksud dari isi bacaan buku dikaitkan dengan pengalaman anak mereka dalam kehidupan dunia di luar keluarga yang mereka alami.

“Sehingga sharing ilmu dalam buku dengan pengalaman hidup anak akan mengarahkan mereka pada penilaian mana sikap yang mesti dilakukan dan tidak mesti dilakukan,” ujar Taufiq.

Salah satu orangtua yang hadir dalam acara tersebut, Amih (35), mengaku mendukung adanya Gernas Baku. “Memang sudah seharusnya tanggungjawab orangtua untuk mendidik anak, selain di sekolah oleh guru. Nah, dengan membacakan buku selain untuk mengajari anak, itu adalah momen untuk berkomunikasi langsung dengan anak kita,” jelasnya.

Diketahui, dalam rangkaian acara Gernas Baku terdapat juga berbagai stan pameran buku-buku dari Dinas Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Barat dan Purwakarta serta terdapat pergelaran musikalisasi puisi dari sejumlah seniman asli Purwakarta.(Amin)

Bagikan: