Potensi Wisata Di Purwakarta Belum Dirasakan Ambu Anne

BISNISPURWAKARTA – Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, belum merasakan peningkatan potensi pariwisata di wilayah itu.

Bupati yang biasa disapa Ambu Anne ini, memiliki strategi khusus dalam peningkatan sektor pariwisata di Purwakarta. Apalagi Purwakarta memiliki 40 lebih potensi di sektor pariwisata.

“Yang sudah terdaftar lebih dari 40 potensi pariwisata, dan sektor ini akan kita terus gali potensinya sebagai sektor unggulan,” ujar Anne, di sela pertemuan dengan pengelola pariwisata se Purwakarta, di Aula Janaka, Komplek Kantor Pemkab Purwakarta, Kamis (1/11/2018).

Potensi Pariwisata yang akan terus digenjot adalah wisata kuliner serta wisata alam. Ke depan dirinya memiliki strategi khusus dalam peningkatan kepariwisataan di Purwakarta, di antaranya dengan mensinergikan seniman dan pengelola pariwisata.

“Kita akan adakan pertemuan rutin dengan pengelola wisata, perhotelan, dan seniman untuk membahas pariwisata Purwakarta, semacam evaluasi lah. Mudah – mudahan bisa meningkatkan wisatawan dengan konsep kekinian,” ujar Anne.

Dikatakannya, peningkatan kunjungan wisatawan adalah salah satu fokus utama. Untuk itu, perlu adanya peningkatan aspek pendukung pariwisata agar wisatawan betah di Purwakarta. Seperti infrastruktur, jalan, termasuk akomodasi.

“Kita inginkan wisatawannya bisa menginap dan berlama-lama di Purwakarta. Kita sudah bicara dengan beberapa travel baik Purwakarta maupun di luar Purwakarta, agar dimasukan dalam paket wisata 1-2 hari.” ujar dia.

Selain itu, peningkatan promosi kepariwisataan, salah satu strategi yang akan terus dikembangkan. Apalagi potensi kunjungan wisatawan setiap akhir pekan lebih dari 50 ribu wisman. Akan tetapi, menurut Anne, kebanyakan untuk menyaksikan air mancur. Padahal, tempat wisata di Purwakarta cukup banyak.

“Promosi wisata, mungkin mereka belum tau ada wisata lain di Purwakarta, jadi harus terus dipromosikan,” ungkap Anne.

“Membangun industri kreatif, termasuk kreativitas milenial di Purwakarta. Bila perlu pengelola pariwisata berkolaborasi dengan seniman di Purwakarta. Termasuk galeri menong akan kita perbanyak,” tambahnya.

Bahkan Anne akan mendorong sekolah menjadi salah satu pendukung kepariwisataan, dengan menyiapkan sekolah di beberapa kecamatan di Purwakarta yang memiliki potensi pariwisata.

“Kesenian, seni tari, pencak silat, akan dimasukan ke beberapa sekolah yang akan menjadi unggulan untuk dijadikan sekolah seni,” tuturnya.

Hal tersebut diamini oleh Kepala Bidang Pariwisata Dispora Purwakarta, Heri Anwar. Menurut dia, pihaknya ditargetkan sampai 4 juta kunjungan wisatawan.

“Kita akan terus genjot apalagi kita ditargetkan hingga 4 juta kunjungan. Dengan ratusan tempat wisata di Purwakarta, mudah-mudahan target bisa dipenuhi,” kata Heri. (Gin)

Bagikan: